22 September 2008

Selayang Pandang POLITEKNIK BANYUWANGI


Sampai dengan pertengahan 2007, Pemerintah tetap pada kebijakan : tidak membuka perguruan tinggi khususnya di Jawa dan Bali. Namun data menunjukkan tahun 2007 terdapat 750.000 lulusan S1 dan Diploma yang menganggur. Untuk itu Depdiknas melalui Ditjen Dikti meluncurkan Politeknik sebagai solusi untuk menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang ‘siap kerja’.

POLITEKNIK BANYUWANGI merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang didirikan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bersama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dalam rangka mempersiapkan peserta didik untuk memiliki keahlian terapan, melalui Pola Sharing pendanaan 70% APBN dan 30% APBD Kabupaten Banyuwangi.

POLITEKNIK BANYUWANGI menyelenggarakan program pendidikan Diploma III, bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi professional. Lulusan POLITEKNIK BANYUWANGI diberi sebutan Ahli Madya   (A.Md), dengan lama pendidikan adalah 3 (tiga) tahun atau 6 (enam) semester. Perkuliahan dilaksanakan secara terstruktur dengan sistem paket yang menggabungkan antara teori dan praktek.

Misi pendidikan POLITEKNIK BANYUWANGI adalah untuk mendukung perkembangan industri di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya, baik pengembangan industri baru maupun perbaikan mutu industri yang sudah ada, melalui pengadaan SDM yang berkualitas, yang dapat mengantisipasi kemajuan dan perkembangan teknologi serta memiliki kemampuan yang sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan bidang kerja di industri yang dimasukinya.

POLITEKNIK BANYUWANGI bertujuan Menghasilkan tenaga ahli yang ‘siap pakai’, yang sangat relevan dengan kebutuhan industri atau pun sektor riil saat ini, dengan keunggulan:

1.       Salah satu dari 9 Kabupaten/Kota yang masuk Program Khusus Hibah Politeknik dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

2.      Pendirian dan penyelenggaraan Politeknik Banyuwangi didukung dan difasilitasi (tenaga, sarana prasarana, anggaran) oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

3.      Penyelenggaraan pendidikan Politeknik Banyuwangi didampingi oleh Institut Teknologi sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Untuk tahap awal (2 sampai 3 tahun),  Direktur Politeknik Banyuwangi berasal dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS ITS).

4.      Tenaga dosen, didukung tenaga ahli dibidangnya. Untuk sementara, tenaga dosen berasal dari dosen yang berpengalaman dari ITS. Tenaga dosen hasil rekriutmen Politeknik Banyuwangi diprogramkan mengikuti tugas belajar di luar negeri (Jepang, Kanada, dan Belanda) dan di dalam Negeri (ITS, ITB) dengan dana APBN.

5.      Laboratorium dengan Peralatan lengkap dan kualitas terkini disediakan mulai tahun 2008 dari dana APBN. Untuk sementara, praktikum menggunakan lab. SMKN terdekat.

6.      Lulusan Politeknik Banyuwangi merupakan SDM yang memiliki keahlian terapan yang ‘siap pakai’ untuk (1) bekerja mendukung industri atau (2) menciptakan lapangan kerja sendiri dengan kemampuan entrepreneurship (wirausaha) yang dimiliki. Atau (3) jika ingin melanjutkan, disediakan program transfer ke D4 atau S1 di ITS.

7.      Pendidikan berkualitas dengan biaya yang murah, karena adanya dukungan anggaran dari Ditjen Dikti dan Pemerintah Kab. Banyuwangi.

8.     Disediakan Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa kurang mampu.

Status Politeknik Banyuwangi adalah Program Khusus, yang difasilitasi Ditjen Dikti Depdiknas Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi serta didampingi PENS ITS Surabaya.

Sesuai amanat Perda Penjaminan Politeknik, kedepan diharapkan mampu mandiri. Sebagaimana UI, ITB, UGM, IPB, UNAIR, menjadi Badan Hukum Pendidikan Milik Negara, maka status Politeknik Banyuwangi kedepan akan menjadi mandiri dengan status Badan Hukum Pendidikan Milik Pemerintah Daerah.

JURUSAN

1.      Jurusan Teknik Informatika dikonsentrasikan pada Sistem Informasi dan Jaringan Komputer;

2.      Jurusan Teknik Mesin dikonsentrasikan pada Mekatronika ;

3.      Jurusan Teknik sipil dikonsentrasikan pada  Infrastruktur Sipil Daerah Pesisir 

LOKASI KAMPUS

Jalan  J.A Suprapto 140 Banyuwangi

Telp. 0333-419614


4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kesempatan emas bagi generasi yang ingin meningkatkan SDM, tidak perlu hrs keluar kota, biaya terjangkau apalagi terbuka untuk siapapun yang ingin pintar, apalagi didukung pengelola yang handal dan profesional. poliwangi memang okey, tahu apa yang ku mau.

Anonim mengatakan...

selamat buat warga banyuwangi, atas berdirinya politeknik banyuwangi sebagai pelopor pendidikan di Banyuwangi.Sampai ketemu ya...

Anonim mengatakan...

Adalah kebanggaan yang luar biasa bahwa sekarang masyarakat banyuwangi telah memiliki Perguruan Tinggi yang berorientasi pada kemajuan teknologi. Dengan 3(tiga) program studi yang dimiliki yakni T. Informatika, T. Mesin/ Mekatronika dan T. Sipil semoga akan memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan di Banyuwangi baik SDM maupun SDA. BRAVOO POLIWANGI..!!! Maju Terus Tunjukkan Karya Terbaikmu untuk Kab Banyuwangi berkibar di Bumi Nusantara dan International....!!!!

Anonim mengatakan...

saatnya banyuwangi memiliki generasi muda peduli dengan daerahnya. terutama dibidang pendidikan. dan itu dapat dimulai dari kampus. semoga kawula muda banyuwangi mampu menjadi tuan rumah di daerah sendiri dan mampu bersaing dengan pendatang. semoga poliwangi dan kampus lain bisa menjadi lokomotif pendidikan bagi jawa timur sebelah timur dan bali barat. MERDEKA !!!!